Cemas, Peserta Seleksi Pun Tak Tenang

Cemas, Peserta Seleksi Pun Tak Tenang

Cemas, Peserta Seleksi Pun Tak Tenang

Cemas, Peserta Seleksi Pun Tak Tenang

Rasa cemas menggelayuti pikiran peserta tes wawancara. Seleksi yang dilaksanakan pada Selasa (9/3) itu, dihadiri 83 peserta dari berbagai jurusan dan universitas di Kota Bandung.

Ketegangan tampak jelas di wajah para mahasiswa semester 5 hingga 8 tersebut. Sesekali mereka membuka mushaf  al-Quran untuk menenangkan pikiran. Ada juga yang saling berkenalan dan berbagi cerita, menunggu giliran diwawancarai. Tak ubahnya pasien di sebuah rumah sakit yang menunggu diperiksa dokter.

Suasana tegang memang kentara pada seleksi hari kedua program Beasiswa Mandiri Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU DT). Bertempat di lokasi yang sama pada seleksi tahap pertama (tes tertulis) yaitu di gedung sentral 7 lt.3 kompleks Pesantren Daarut Tauhiid, pendaftaran wawancara mulai dibuka pada pukul 08.00 WIB. Pada pukul 08.30 WIB, seleksi tahap terakhir ini dimulai, melibatkan tujuh santri karya DPU sebagai pewawancara.

Kegelisahan dan kekhawatiran tampak di wajah peserta setelah mengikuti tes wawancara. Betapa tidak, mereka harus mengikuti rangkaian tes baca al-Quran (tahsin), wawancara visi misi hidup, dan public speaking.

“Sebelum tes deg-degan banget, soalnya gak tau apa saja yang akan diteskan. Deg-degan bertambah ketika melihat orang yang ikutan tesnya banyakan. Berarti kemungkinan besar untuk diterima sangat minim. Tapi apa pun yang terjadi, saya optimalkan kemampuan yang saya bisa. Hasilnya bagus atau tidak, saya serahkan kepada Yang Maha Kuasa saja,” ujar Ai Herlina, Mahasiswi semester 6 Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ada pun para peserta tes wawancara ini adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi di kampus dan mempunyai prestasi akaedemik di atas rata-rata. Oleh karena itu, panitia sempat kesulitan memilih peserta yang layak diberikan beasiswa.

“Aduh, panitia pusing nih harus milih yang mana. Soalnya mereka pada bagus-bagus, dan hampir semua peserta layak diberikan beasiswa.” ujar Masitoh yang akrab disapa Teh Iit, salah seorang pewawancara dan sekaligus koordinator penerimaan program Beasiswa Mandiri DPU DT.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s