Dini Hari Merapi Meletus Lagi, Pengungsi Dievakuasi!

 

Dini Hari Merapi Meletus Lagi, Pengungsi Dievakuasi!

Dini Hari Merapi Meletus Lagi, Pengungsi Dievakuasi!

Suara gelegar memecah keheningan malam. Tak sedikit warga di posko pengungsian yang mengira suara itu adalah petir sebelum datangnya hujan. Ternyata, itu adalah letusan Gunung Merapi yang menyemburkan awan panas dalam jumlah besar.

 

Sabtu (30/10), pukul 00.28 WIB, suasana begitu mencekam. Merapi kembali meletus disaat sebagian pengungsi dan relawan masih tertidur lelap.

 

Seketika jalan di Desa Umbulharjo penuh sesak dengan kendaraan. Ribuan warga berbaur dengan relawan “turun gunung” sesaat setelah petugas keamanan menginstruksikan untuk bergerak ke arah selatan Merapi. Warga yang sebelumnya mengungsi di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, dievakuasi menuju tempat yang lebih aman.

 

Keadaan semakin mencekam ketika bau belerang mulai tercium. Kepanikan melanda hingga tak sedikit pengungsi yang terpisah dari keluarganya. Pengungsi yang tak memiliki kendaraan, diangkut oleh kendaran dari para relawan. Masing-masing berusaha menyelamatkan diri. Pergi sejauh mungkin menghindari lereng Merapi.

 

Tak berapa lama, tampak awan panas (wedhus gembel) meluncur dengan kecepatan tinggi (200 km/jam). Jarak luncuran lebih jauh dari hari sebelumnya, Selasa (26/10). Hujan abu disertai pasir pun mengguyur Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Jarak pandang terbatas dan pernapasan terganggu. Seluruh pengungsi dan relawan menggunakan masker untuk menghindari debu memasuki saluran pernapasan.

 

Sesaat setelah mendengar instruksi dari petugas untuk turun gunung, Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU DT) segera bergerak mengevakuasi warga. Tak hanya pengungsi, warga yang masih tinggal di daerah Cangkringan juga ikut dievakuasi menggunakan beberapa mobil kemanusiaan DPU DT.

 

Terbatasnya jarak pandang dan hujan pasir cukup mengganggu DPU DT untuk melakukan evakuasi. DPU DT juga membagi-bagikan masker kepada para pengungsi selama perjalanan ke tempat yang lebih aman.

 

Hingga H+4 pascaletusan Gunung Merapi, DPU DT tetap membuka donasi dari masyarakat di rekening Infaq Shadaqah Khusus di 009.2553.741 (BNI Syariah) / 777.033315 .1 (BCA). Donasi berupa uang atau barang juga dapat disalurkan langsung ke kantor DPU DT Pusat (Bandung) maupun cabang (Jakarta, Bogor, Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, Palembang, dan Lampung). (Astri Rahmayanti/2010)

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s