Ternak Kelinci, Inovasi Baru untuk Peternak

 

Ternak Kelinci, Inovasi Baru untuk Peternak

Ternak Kelinci, Inovasi Baru untuk Peternak

Beternak kelinci? Mungkin terdengar kurang familiar di sebagian telinga masyarakat. Biasanya kelinci dipelihara bukan untuk dikonsumsi (diambil daging dan lainnya), tapi hanya sebatas menjadi hewan peliharaan seperti kucing. Tapi jangan salah, usaha ternak kelinci saat ini ternyata menguntungkan. Terutama di daerah pedesaan atau dataran tinggi. Selain ternak domba tentunya.

Melihat peluang ini, Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid tak melewatkan peluang tersebut. Sebuah inovasi baru telah diperkenalkan kepada masyarakat sebagai salah satu solusi bagi keterbatasan lapangan kerja. Dan atas ijin Allah, program ternak kelinci telah terlaksana di Desa Gunungcupu, Ciamis.

Sebanyak 20 peternak bergabung bersama menyukseskan program ternak kelinci yang merupakan bagian dari Usaha Ternak Mandiri (UTM) DPU Daarut Tauhiid. Selain peternak, mitra pun memiliki peran besar dalam menyukseskan program tersebut. Harapannya, dengan adanya program ternak kelinci masyarakat menjadi familiar dengan daging kelinci dan olahan lain daging kelinci menjadi jalan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

Dalam pelaksanaan Program Kelinci ini, ada dua bentuk pemeliharan yaitu sistem kandang induk dan kandang peternak. Kandang induk berfungsi sebagai rumah perawatan kelinci. Jika ada kelinci yang sakit, kelinci peternak akan dibawa ke kandang induk untuk di obati. Begitu pun jika mau dikawinkan. Ada pun kandang peternak adalah kandang yang ada di setiap peternak tempat pengembangbiakan kelinci.

Selain bantuan ternak, DPU Daarut Tauhiid juga memberikan pembinaan dan pendampingan bagi para peternak. Pembinaan terdiri atas pembinaan akhlak dan kepemimpinan, pengembangan usaha daging kelinci, dan pemasaran. Selanjutnya, monitoring dan evaluasi dilakukan bersama agar usaha ternak kelinci berjalan dengan sesuai harapan. (Astri Rahmayanti /2012)

 

 

 

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s