Strategi 4 S

Tahun 2011, Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid akan melakukan perbaikan di segala lini. Artinya, perbaikan itu menjadi sesuatu yang wajib dalam menyempurnakan ikhtiar. Kita harapkan terjadi perubahan ke arah lebih baik. Setiap hari. Setiap masa. Setiap waktu.

 

Untuk itu, di 2011 akan  ada 4 strategi perbaikan. Ke-4 strategi tersebut dikenal dengan nama 4 S, yaitu Silaturahim, Sistemisasi, Spiritualisme, dan Sinergi. Ini merupakan strategi besar Daarut Tauhiid khususnya DPU. Dengan strategi ini, diharapkan DPU di tahun 2011 M atau 1432 H akan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Pertama adalah Silaturahim. Kita sebagai umat Islam mengetahui dan meyakini bahwa silaturahim banyak sekali manfaatnya. Dari sisi kelembagaan, silaturahim akan mempercepat proses pendewasaan, perbaikan, dan perubahan itu sendiri. Karena dengan silaturahim, banyak sekali ilmu yang didapat, banyak jaringan (network) yang bisa dibangun. Termasuk melihat dan membandingkan kinerja antar lembaga untuk meningkatkan keprofesionalitasan.

 

Kedua adalah Sistemisasi. Bagaimana pun juga lembaga harus terukur (measureable). Harus bisa dipertanggunggjawabkan kemudian menjadikan seluruh infrastruktur yang ada di DPU berjalan dengan semestinya. Sistem  di 2011 ini akan terus disempurnakan. Salah satunya kita telah membangun sistem-sistem untuk mempermudah seluruh civitas atau elemen yang ada di DPU agar dapat bekerja sesuai dengan fungsi, tugas, dan wewenangnya melalui sertifikasi ISO 9001:2008.

 

Ketiga adalah Spiritualisme. Spiritualisme adalah ruh dari lembaga. Dalam sebuah lembaga terdapat Sumber Daya Manusia (SDM) dan sistem. Sebagus apa pun sistem kalau SDM-nya tidak bagus, tidak akan berjalan. Begitu juga sebagus apa pun SDM, kalau sistemnya tidak bagus, acak-acakan jadinya. SDM itu harus betul-betul dikelola dan dibuat programnya sehingga nilai-nilai tauhid jadi pondasi utama. Sesuai dengan namanya Daarut Tauhiid, otomatis tauhid pun menjadi ruh kita dalam beragam aktifitas. Spiritualisme ini harus betul-betul dikemas dengan program dan sistem terpadu.

 

Keempat adalah Sinergi. Di akhir 2010 kita sudah melakukan persiapan untuk bisa bersinergi dengan beberapa pihak. Khususnya, kita akan mencoba mengoptimalkan potensi yang ada di Daarut Tauhiid. Dengan pengalaman, ilmu, dan SDM-SDM di Darut Tauhiid, ini bisa menjadi kekuatan yang besar. Tentu saja sinergi yang dilakukan bertujuan mempercepat proses perubahan dan perbaikan. Terus maju hingga pada akhirnya dengan sinergi ini, semkian banyak masyarakat yan menerima menerima manfaat dari program-program pemberdayay dan kemandirian DPU.

 

Silaturahim kita bergerak ke luar, sistemisasi berupa bagaimana kita menyempurnakan internal yang ada, spiritualisme juga internal tapi mempunyai dampak bagi yang lainnya, misalnya muzakki (donator) dan mustahik. Adapun sinergi, berarti kita bergerak bersama-sama (berjamaah). Mudah-mudahan dengan berjamaah, akan banyak lagi kekuatan yang diperoleh sehingga percepatan perbaikan DPU semakin terlihat. Khususnya kualitas dan kuantitas dari penerima manfaat program. Titik tekannya adalah membangun sebuah komunitas yang berdaya. (H. Asep Hikmat, Direktur DPU Daarut Tauhiid)

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/2/1683/Strategi%204%20S

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s