PAUD DT: Untukmu Buah Hatiku

Anak merupakan anugerah dan titipan terindah bagi para orang tua. Apalagi ketika sang buah hati mulai menginjak masa keemasan di periode pertumbuhannya. Tak heran, orang tua mana pun pasti akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Salah satunya adalah dalam hal pendidikan. Namun, untuk saat ini pendidikan layak (mahal) seolah-olah hanya bagi mereka yang mampu saja.

 

Oleh karena itu, Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid bekerja sama dengan TK Khas Daarut Tauhiid memberikan kesempatan kepada anak-anak pra sekolah yang berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa). Mereka bisa mencicipi pendidikan yang baik melalui program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Daarut Tauhiid.

 

“Walaupun ini proyek pertama, kami merasa bahagia diajak bekerja sama oleh DPU. Tentunya ini untuk menularkan sebanyak mungkin ke program-program yang lainnya,” tutur Wiwi, Kepala Sekolah TK Khas Daarut Tauhiid.

 

Latar belakang dibentuknya PAUD Daarut Tauhiid adalah pertama, karena adanya kerinduan dari masyarakat yang status ekonominya tidak terjangkau dengan kehadiran TK. Kedua, merupakan program DPU Daarut Tauhiid untuk mencapai mandiri secara pendidikan. Program ini dari segi pengelolaan, fasilitas bangunan, tenaga pendidik, kurikulum, KBM, akan dikelola sepenuhnya oleh TK Khas Daarut Tauhiid. DPU Daarut Tauhiid sendiri bertanggungjawab memberi dana untuk  siswa, sehingga bersifat gratis. Karena dana yang digunakan berasal dari zakat, maka PAUD Daarut Tauhiid berbeda dengan PAUD lainnya. Program PAUD diperuntukkan bagi anak-anak usia 5 s/d 5 tahun 11 bulan yang akan masuk sekolah dasar dan berasal dari keluarga tak mampu.

 

Visi dari PAUD Daarut Tauhiid itu sendiri ingin melahirkan generasi unggul. Unggul artinya bisa menjadi model atau contoh bagi yang lainnya. Memiliki karakter  ahli zikir,fikir, dan ikhtiar. Sehingga dalam proses KBM-nya terdiri dari pelajaran umum dan agama yang terintegrasi. Juga disediakan materi penunjang untuk anak, seperti bahasa Arab, bahasa Inggris. Selain diberikan materi pelajaran, anak-anak juga mendapatkan kegiatan penunjang yang bisa mengasah skill mereka seperti renang, manasik haji, outbound, fill trip, dan lain-lain.

 

Selain program bagi anak, disediakan juga untuk para orang tua yaitu program pelayanan yang terdiri dari empat bagian. Pertama, mengadakan buku komunikasi yang berfungsi untuk melaporkan perkembangan anak di sekolah kepada orang tuanya. Kedua, mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi anak. Ketiga, parent coatching merupakan kerja sama dengan orang tua dalam mengawasi perkembangan anak. Keempat, home visit yang bertujuan untuk membangun komunikasi yang baik antara guru dengan orang tua siswa.

 

Orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke PAUD Daarut Tauhiid ini harus memenuhi persyaratan yang ada, karena dana berasal dari zakat. Di antaranya khusus daerah percontohan yaitu mereka yang berdomisili di RW.06 Kelurahan Isola dan RW.01 Kelurahan Gegerkalong, menunjukkan KTP, kartu keluarga, akte kelahiran atau surat keterangan kelahiran anak, surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat dan anak berusia 5 s/d 5 tahun 11 bulan. Setelah proses pendaftaran, akan dilakukan tahap seleksi. Terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap seleksi administrasi, tahap wawancara dengan orang tua anak, terakhir tahap survei.

 

“Mudah-mudahan ini bukan program jangka pendek. Seandainya ini bisa dibangun bersama menjadi PAUD unggulan dan bisa direplikasi di tempat-tempat  lain, tentunya akan banyak sekali orang yang akan termanfaatkan dan bisa mencicipi produk pendididikan pra sekolah Daarut Tauhiid secara umum,” ungkap Wiwi mengakhiri perbincangan.” (Neni Nur Fauziah)

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/9/1797/PAUD%20DT:%20Untukmu%20Buah%20Hatiku

 

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s