Indahnya Silaturahmi

Maha Besar Allah dengan sifat rahman dan rahim-Nya, yang telah melimpahkan kasih sayang-Nya kepada kita, juga telah menganjurkan kita untuk berbagi kasih terhadap sesama mahluk-mahluk-Nya. Indahnya kasih sayang dapat tercermin dari silaturahmi yang baik. Persaudaraan yang terputus pun akan terjalin kembali melalui silaturahmi. Sungguh, keindahan akan diperoleh bagi orang yang mau menjaganya.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari perilaku Rasulullah, di antaranya anjuran untuk bersilaturahmi. Beliau senantiasa menyempatkan waktu untuk mengunjungi saudara-saudaranya, sahabat dekatnya atau orang yang baru dikenal, maupun orang yang sama sekali membencinya. Setiap ada kesempatan beliau senantiasa mengunjungi ummatnya yang miskin sambil membawa makanan untuk dibagikan. Sehingga mereka senantiasa menunggu kedatangan Rasul. Di sela-sela istirahat pun beliau senantiasa memberikan tauhiyah kepada sahabat-sahabatnya yaitu anjuran untuk mengikatkan tali silaturahmi kepada orang yang telah memutuskannya, memberikan hadiah kepada orang yang tidak pernah memberikan sesuatu apapun kepadanya dan anjuran untuk bersabar menghadapi orang-orang yang telah menghinakannya.

Dengan demikian dapat kita ketahui betapa pentingnya konsep silaturahmi yang dicontohkan Rasul. Dengan kasih sayang yang tersambung kepada mahluk-mahluk Allah lainnya, maka kasih sayang Allah pun akan bersama kita. Dia akan menyayangi kita dan dengan sendirinya banyak pula manfaat yang bisa kita ambil. Selain mempererat tali persaudaraan, menambah wawasan, juga memperkokoh ikatan ukhuwah. Dan akhirnya kita tergolong orang-orang yang beruntung yang telah Allah janjikan kebahagiaan dunia dan akhirat. Saudaraku, kebahagiaan tersebut tentunya diperoleh dengan keikhlasan dalam melakukannya. Bukan karena mengharapkan imbalan dari mahluk-mahluk-Nya, bukan karena mengharapkan pujian dan penghargaan, juga bukan karena mengharapkan mereka agar menyambungkan tali silaturahmi sebagaimana yang telah kita lakukan, sama sekali bukan. Melainkan semua itu kita lakukan semata-mata agar kita disayangi oleh Allah SWT.

Maha Benar Allah dalam firman-Nya “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu” (QS. An-Nissa [4]: 1). Saudaraku, dengan ketulusan ukhuwah yang kita jalin semoga kita digolongkan menjadi orang-orang yang beruntung, yang pantas mendapatkan rahman dan rahim-Nya. Amiin 

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/1/1399/Indahnya%20Silaturahmi

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s