Memelihara Keutuhan Rumah Tangga

 

Membangun bangsa harus diawali dengan membangun rumah tangga. Rumah tangga yang sakinah adalah rumah tangga yang di dalamnya penuh dengan nilai-nilai keimanan. Untuk mewujudkannya tidak terlepas dari pemeliharaan. Karena sudah menjadi sunatulloh sesuatu yang tidak dirawat atau dipelihara, akan cepat menjadi usang atau rusak.

Alangkah beruntungnya seseorang yang menjadikan rumah tangganya sarat dengan ilmu dan tujuan. Ilmu yang disertai dengan amal yang nyata dan tujuan yang kaya dengan nilai penghambaan kepada Allah SWT. Dengan begitu rumah tangga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada sang Khalik, sebagai sarana untuk memberikan keteladanan pada orang lain, dan sarana yang dapat memperkaya nilai manfaat.

Sebuah rumusan dalam memelihara rumah tangga dapat kita kenal dengan 7M yaitu Mengenal, Memahami, Memaklumi, Memaafkan, Menghargai, Memuliakan, dan Mendo’akan. Langkah awal yang harus ditempuh adalah mengenal. Mengenal akan potensi, bakat, kekurangan maupun kelebihan pasangan. Dengan saling mengenal potensi masing-masing, maka akan terlahir sikap memahami. Paham akan perbedaan, dan paham akan keinginan. Rumus selanjutnya memaafkan. Sikap ini teramat diperlukan. Karena tak sedikit rumah tangga yang kandas karena tidak mampu memenej permasalahan yang kecil. Dan itu dampak dari besarnya ego pasangan, yang sama-sama tidak mau mengalah. Jika kita bisa memaafkan setiap kesalahan pasangan kita maka akan muncul sikap untuk senantiasa mengingat kebaikan. Dari sikap tersebut akan terlahir sikap saling menghargai dan memuliakan. Satu hal yang amat penting, bahkan menjadi kunci utama yaitu mendo’akan. Sikap ini sering kita abaikan. Padahal kalau kita tahu manfaatnya maka kerukunan, keharmonisan rumah tangga akan terjalin sempurna.

Untuk itu saudaraku jelas sudah, bahwa membina rumah tangga itu tidak mudah, butuh pemeliharaan. Dan pemeliharaan tidak lepas dari ilmu dan pengamalan. Untuk melihat sakinah tidaknya suatu rumah tangga dapat dilihat dari kecintaan keluarga tersebut terhadap ilmu, walaupun itu tidak mutlak. Semoga Allah yang Maha Memelihara tetap memberikan keutuhan rumah tangga kita yang penuh dengan nilai-nilai keimanan. Amiin. 

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/1/1322/Memelihara%20Keutuhan%20Rumah%20Tangga

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s