Persiapan Dana Kurban

Jika pembaca termasuk orang yang alhamdulillah memiliki penghasilan tinggi atau sudah memiliki tabungan yang cukup untuk dana kurban, mungkin sudah tidak perlu lagi mempersiapkannya. Tetapi, bila dari penghasilan kita dalam satu bulan tidak mencukupi untuk sekaligus membeli hewan kurban, maka kita perlu mempersiapkannya sejak sekarang, bahkan mungkin sebaiknya sudah dimulai beberapa bulan yang lalu.

 

Jika selama ini kita mengalami kesulitan keuangan untuk berkurban, mungkin bukan karena penghasilan kita yang kurang, namun karena kita yang kurang bersungguh-sungguh dalam mempersiapkannya. Sehingga yang terjadi adalah ketika waktu kurban sudah dekat, barulah kita terperangah kaget dan menyadari bahwa kita ternyata tidak memiliki cukup dana untuk membeli hewan kurban. Nah dengan demikian, tidak salahkan apabila penulis mengungkap masalah hewan kurban untuk mengingatkan kita agar mempersiapkan dana kurban sejak dini.

 

Persiapan dana kurban bisa dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya melalui kelompok pengajian maupun melalui organisasi warga (seperti RT, RW atau sebagainya) yang mengadakan tabungan untuk kurban, dan biasanya dikumpulkan perbulan. Mengikuti kelompok tabungan tersebut memiliki sisi positif karena kita termotivasi untuk berkurban dan secara tidak langsung diingatkan untuk menabung sejak awal. Banyak yang sebelumnya tidak bisa berkurban, namun setelah mengikuti kelompok pengajian tabungan kurban, menjadi mampu karena telah mempersiapkannya lebih awal.

 

Kelompok pengajian tabungan kurban biasanya juga menyediakan fasilitas pembelian hewan kurban. Artinya, anggota kelompok tidak perlu repot-repot mencari hewan kurban namun dikoordinir oleh kelompok tersebut. Hal ini memudahkan anggota karena menjelang hari Idul Adha, cenderung hewan kurban harganya melangit.

 

Di samping mengikuti kelompok-kelompok pengajian tabungan kurban seperti di atas, beberapa lembaga keuangan syariah, baik yang berbentuk Baitul Maal wat-Tamwill, BPRS dan yang lainnya, memiliki produk tabungan kurban. Tabungan kurban dalam banyak hal sama dengan tabungan yang lainnya, bedanya tabungan tersebut hanya boleh diambil apabila sudah saatnya waktu berkurban. Dengan mengikuti tabungan tersebut, selain kita termotivasi dan teringatkan untuk menabung bagi pelaksanaan kurban, kita pun mendapatkan bagi hasil atau bonus atas tabungan kita. Hal ini kemungkinan besar tidak kita peroleh jika mengikuti kelompok pengajian tabungan kurban.

 

Ada lagi bentuk yang lain, yakni dengan bergabung pada Lembaga Amil Zakat seperti Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid. Jika bergabung dalam program DPU Daarut Tauhiid, selain mendapatkan bagi hasil dari tabungan seperti layaknya tabungan biasa, kita pun mudah mendapatkan hewan kurban karena dibantu mencarikannya. Dan yang merupakan kelebihan dibandingkan dengan dua model sebelumnya adalah, hewan kurban akan dibagikan pada yang benar-benar membutuhkan (fakir-miskin) di daerah-daerah yang selama ini sulit mendapatkan daging atau di daerah yang tengah dilanda musibah. Nah, selamat mempersiapkan kurban sejak awal! (Ir. Iwan Rudi Saktiawan, M.Ag, Majalah Swadaya Edisi Oktober ’08)

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/7/1756/Persiapan%20Dana%20Kurban

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s