Pelatihan Janaiz: Lebih Akrab dengan Kematian!

 

Setiap yang bernyawa pasti akan menghadapi kematian. Ya, tak sedikit yang menganggap remeh hal tersebut bahkan melupakannya. Terkadang lupa bahwa dirinya, orang tua, istri, suami, anak, dan semua orang di sekitarnya akan menghadapi takdir pasti itu. Kematian.

 

Mengurus jenazah memang bukanlah hal yang wajib dilaksanakan umat Islam. Tapi, jika di sebuah daerah ada seorang muslim yang meninggal, lalu tidak ada satu pun muslim yang mengurusnya, maka semua muslim yang ada di daerah tersebut berdosa.

 

Pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengurus jenazah, membersitkan ide bagi Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid untuk mengadakan Pelatihan Janaiz, Sabtu (21/5). Sebanyak 29 orang yang terdiri atas mitra Usaha Ternak mandiri (UTM) dan Santri Karya DPU Daarut Tauhiid mengikuti pelatihan tersebut. Acara dilaksanakan di Daarul Ilmi, komplek Pesantren Daarut Tauhiid dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

 

Para peserta dilatih mulai dari mengurus orang sakit hingga menguburkan jenazah. Tak hanya teori, para peserta juga langsung mempraktikkan dan dibimbing langsung oleh Ustadz Jamaludin dari DKM Daarut Tauhiid.

 

Rencananya pelatihan serupa akan dilaksanakan tiga bulan sekali, sebagai hasil dari kerja sama antara DPU Daarut Tauhiid dengan DKM Daarut Tauhiid. Melalui kegiatan ini, diharapkan semakin banyak orang yang tahu tata cara pengurusan jenazah dan dapat mempraktikkannya di lingkungan masing-masing. (Astri Rahmayanti/2011)

http://www.dpu-online.com/news/detail/1570

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s