Hikmah Dibalik Musibah

Tidak ada satu tarikan nafas pun tanpa seizin Allah. Begitu pula halnya dengan musibah, tidak ada suatu kejadianpun tanpa kehendak-Nya. Di akhir tahun ini seringkali terjadi musibah seperti kecelakaan pesawat, gempa bumi, longsor, gelombang tsunami, dan lain-lain.

Bagi kita kejadian tersebut sesuatu yang menyengsarakan, membuat panik bahkan kita kategorikan kiamat. Padahal Allah tidak semata-mata mendatangkan musibah kalau memang tidak sesuai dengan kesanggupan hamba-Nya dan Allah juga tidak semata-mata mendatangkan petaka jika tidak ada hikmah dibalik kehendak-Nya, tinggal sekarang sejauhmana kita memetik hikmah disetiap kejadian?

Kita harus semakin yakin bahwa dibalik segala sesuatu yang terjadi selalu ada hikmah yang tersembunyi. Termasuk musibah di Aceh yang menewaskan ribuan jiwa, juga di Srilangka dan Thailand. Kita tidak cukup hanya dengan pilu,bersedih hati, melihat kejadian tersebut. Tetapi perubahan apa yang akan terjadi pada diri kita menyaksikan semua itu. Keberuntungan kita adalah bagaimana menjadikan setiap kejadian sebagai input yang dapat merubah keadaan ke arah yang lebih baik. Dibalik musibah tersebut, ada beberapa hikmah yang bisa kita ambil di antaranya kita semakin sadar bahwa kita lemah, tidak berdaya, hanya dengan kekuatan 4,7 Skala Ritcher (SR) saja mampu menggelimpangkan ribuan jiwa.. Dan, dengan menyaksikan musibah tersebut, kita bisa menghidupkan hati nurani kita sehingga lebih peka, lebih peduli terhadap sesama.

Ada dua bentuk musibah. Musibah bisa berarti azab Allah, mungkin juga ujian Allah. Azab atau sikasaan merupakan hukuman bagi orang yang lalai. Bisa jadi azab sebagai kasih sayang Allah. untuk memperingan dosa kita di akhirat atau sebagai penghapus dosa terdahulu yang pernah kita lakukan. Musibah dapat juga berbentuk ujian. Seruan untuk meningkatkan keimanan, kemampuan iman seseorang kepada Allah. Dan melalui ujian ini dosa seseorang dapat terampuni asalkan tabah menerimanya.”.

Semoga musibah yang dialami saudara-saudara kita di Aceh, Thailand, dan Srilangka bisa mempererat kepedulian, kepekaan kita terhadap sesama, juga teguran dari Allah bisa mengingatkan lagi akan hak saudara kita yang terabaikan Mudah-mudahan itu mengingatkan kita bahwa semua akan binasa sehingga tidak terlena oleh keindahan dunia. 
http://www.dpu-online.com/artikel/detail/1/1272/Hikmah%20Dibalik%20Musibah

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s