Sehat dengan Pola Hidup Sehat

Ahad (27/11), Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid kembali mengadakan kajian rutin Majelis Taklim Manajemen Qolbu (MTMQ) di Masjid Diponegoro Balaikota Yogyakarta. Berlangsung dari pagi hingga mendekati waktu juhur, MTMQ mengambil tema ‘Kesehatan Holistik’.

 

Tentu bukan tanpa alasan tema ini dipilih. Banyaknya penyakit modern karena pola hidup manusia yang kurang sehat, menjadikan seseorang harus lengkap (holistik) pula dalam mengenal kesehatan dirinya.

 

Bekerja sama dengan Rumah Sehat Holistik Yogyakarta, materi yang disampaikan berkisar bagamana gaya hidup manusia modern banyak mengonsumsi beragam makanan kurang sehat. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya konsumsi sayuran, buah, serat, serta air putih. Akibatnya, keseimbangan metabolisme tubuh jadi terganggu dan timbullah penyakit-panyakit yang sebetulnya bisa dicegah.

 

“Ada tiga faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh manusia yaitu 60% spiritual, 30 % emosi, dan 10% fisik. Jadi, ketika seseorang mengidap suatu penyakit, belum tentu hanya disebabkan fisik semata. Bisa juga karena ibadah kurang atau tingkat emosi yang kurang stabil,” ungkap Hasnil Afrizal Muttaqien, S. SI, pemateri dari Rumah Sehat Holistik Yogyakarta. (Nurdin Syaiful Baladi/2011) 

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s