Kekuatan Zakat dan Sedekah

Harta merupakan karunia Allah Subhanahu Wata’ala kepada hamba-hambanya yang menjadi keperluan setiap orang, karena harta bisa membawa kebahagiaan. Tetapi sebaliknya, jika keliru mengelolanya, bisa membawa kebinasaan. Karena itu, menjadi tanggung jawab setiap pemilik untuk mengaturnya dengan bijaksana menurut ajaran Islam. Seperti membelanjakannya pada perkara-perkara yang baik dan berfaedah. Memberi nafkah kepada orang-orang yang di bawah tanggung jawabnya, serta menyalurkan ke arah perkara yang berkebajikan, contohnya bersedekah dan mengeluarkan zakat.

 

Dikisahkan, kata Imam Ali, pada suatu hari, datanglah seorang laki-laki kepada Rasulullah saw dan berkata: “Ajarilah aku suatu amalan yang membuat aku dicintai oleh Allah, dicintai oleh para mahluk, Allah memperbanyak hartaku, menyehatkan badanku, memanjangkan umurku dan membangkitkan aku di mahsyar bersamamu.”

 

Rasulullah saw kemudian menjawab: “Permintaanmu yang enam perkara itu memerlukan enam perkara yang lainnya yaitu: bila engkau ingin dicintai Allah, takutlah kepada-Nya dan bertakwalah. Bila engkau ingin dicintai para makhluk, berbuat baiklah kepada mereka, dan jangan berharap sesuatu dari yang mereka miliki. Dan bila engkau ingin diperkaya dalam harta, maka zakatilah harta bendamu. Bila engkau ingin disehatkan badanmu, maka perbanyaklah sedekah. Dan bila engkau ingin diperpanjang umurmu, maka bersilaturahmilah kepada kaum kerabatmu. Bila engkau ingin dikumpulkan bersamaku di padang mahsyar, maka perpanjanglah sujudmu kepada Allah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa.”

 

Begitu juga dengan surah al-Hadid (57) ayat 7 artinya: “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan manafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.”

Di antara fadhilah (keutamaan) zakat ialah menyuburkan, mensucikan jiwa dan melindungi keberkahannya. Dengan mengeluarkan zakat, maka kotoran ruhani kita terbersihkan, dan semakin mengembangkan banyaknya harta. Karena maknanya kita sudah tidak menahan lagi hak fakir miskin atau golongan yang berhak menerimanya.

 

Sedangkan sedekah, orang yang gemar bersedekah maknanya ia meniru salah satu sifat Allah, yaitu Maha Pemberi Rezeki. Pantaslah kalau orang dermawan usianya “panjang” dan keberadaannya dimana pun membawa berkah.

 

Istilah sadaqah berarti pula persahabatan, sehingga ia akan memperoleh banyak sahabat, terutama dari orang yang menerima sedekah itu. Sedekah juga berhubungan dengan kata shidq yang artinya benar atau jujur, maknanya bahwa pemberian sedekah akan menumbuhkan persahabatan yang benar, persahabatan yang dilandasi oleh nilai kejujuran bukan persahabatan palsu. Di antara keutamaan bersedekah antara lain:

1. Sedekah dapat menghapus dosa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan al-Albani dalam Shahih at-Tirmidzi, 614).

2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkan naungan di akhirat adalah: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no.1421).

3. Sedekah memberi keberkahan pada harta. “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no.2588).

4. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS al-Hadid [57]: 18).

5. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah. (HR. Bukhari no.3666, Muslim no.1027).

6. Sedekah akan menjadi bukti keimanan seseorang. “Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim no.223).

(Asep Teja Setia Somantri adalah Kepala Bagian Support Marketing Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid)

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/7/1839/Kekuatan%20Zakat%20dan%20Sedekah

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s