Inilah yang Membuat Mahasiswa tak Tenang

Puluhan mahasiswa pada Rabu (9/3), terlihat memenuhi selasar gedung Sentral 7 Kompleks Pesantren Daarut Tauhiid. Mereka adalah mahasiswa berprestasi mulai dari semester 6 hingga 10 dari perguruan tinggi se-Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Cimahi. Sejak pukul 9.00 pagi, para mahasiswa itu mengantre untuk mengikuti tes wawancara yang digelar Lembaga Amil Zakat Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid.

Sekilas tampak tak ada beban di wajah mereka. Para calon penerima besiswa Beasiswa (Bea) Mandiri DPU Daarut Tauhiid tersebut terlihat saling berkenalan dan bercanda dengan kenalan barunya. Berbagi pengalaman di kampus masing-masing atau sekadar share kesiapan masing-masing untuk menghadapi proses wawancara.Sebagian dari mereka ada juga yang terlihat asyik membaca Al-Quran. Namun, ketegangan dan ketidaktenangan tetap terasa di wajah-wajah mereka.

Sebelumnya, 55 mahasiswa ini telah mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan pada Sabtu (5/3) lalu. Mereka berhasil menyisihkan 78 peserta tes seleksi lainnya.

Ada pun wawancara meliputi tes baca Al-Quran disertai tajwid, public speaking, dan pertanyaan-pertanyaan khusus dari DPU Daarut Tauhiid. Waktu yang disediakan berkisar 10 hingga 15 menit. Wawancara bertujuan agar DPU Daarut Tauhiid dapat mengetahui mahasiswa yang layak menerima Bea Mandiri 2011.

“Sebenarnya saya sering berbicara saat mentoring di kampus. Tapi jujur, saat tes (public speaking) di sini rasanya beda beda sekali,” ujar Mutia, mahasiswa Pendidikan Elektro 2007 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Ketegangan masih tersisa di wajahnya. Namun Mutia tetap berharap dapat diterima menjadi salah seorang penerima beasiswa.

Setelah megikuti wawancara, 55 mahasiswa kemudian mengikuti tahapan tes selanjutnya. Yaitu tes Kesemaptaan yang dilaksanakan di stadion olah raga UPI. (Astri Rahmayanti/2011) 

http://www.dpu-online.com/news/detail/1532

Iklan
By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s