Tanda Tanya

Kembali sebuah film karya Hanung Bramayanto yang dibuat berdasarkan kondisi nyata yang ada di masyarakat kita, film Tanda Tanya. Seperti film-film karya Hanung sebelumnya, Perempuan berkalung sorban, Sang Pencerah, memang sudah menjadi ciri khas dari seorang Hanung untuk membuat sebuah film yang lekat dengan unsur agama dan perbedaan yang ada di masyarakat, dengan tema riil yang ada, film seakan dibuat sangat dekat dengan kita. Tidak mengherankan jika memang banyak pandangan dan pendapat terhadap film ini, karena memang film ini di buat untuk mengundang pandangan yang berbeda dari masing-masing penonton.

Film ke-14 karya Hanung Bramantyo kali ini mengisahkan mengenai permasalahan keluarga dan pertemanan yang terjadi di sebuah area dekat Pasar Baru, dimana terdapat Masjid, Gereja dan Klenteng yang letaknya tidak berjauhan, dan para penganutnya memiliki hubungan satu sama lain.

Film ini menceritakan kisah tiga keluarga dengan latar belakang yang berbeda. Keluarga Tan Kat Sun memiliki restauran masakan Cina yang tidak halal, keluarga Soleh, dengan masalah Soleh sebagai kepala keluarga yang tidak bekerja namun memiliki istri yang cantik dan soleha, Keluarga Rika, seorang janda dengan seorang anak, yang berhubungan  dengan  Surya, pemuda yang belum pernah menikah. Hubungan antar tiga keluarga ini dalam kaitannya dengan masalah perbedaan pandangan, status, agama dan suku, akan menjadi suatu hal yang menarik untuk ditonton pada film yang berdurasi kurang lebih 100 menit ini.

Memang Hanung sangat senang bermain dengan unsur perbedaan, terutama agama, yang biasanya dijadikan alasan oleh banyak orang untuk membenci satu sama lain. Terlepas dari kontroversi yang telah ditimbulkan oleh film ini, tidak dapat dipungkiri bahwa apa yang diceritakan oleh film ini merupakan kondisi yang benar-benar terjadi di masyarakat Indonesia dengan berbagai masalahnya. Memang Hanung sangat lekat dengan kontroversi, tetapi kontroversi inilah yang membuat film-film karya Hanung memiliki makna berbeda dan dalam daripada film-film Indonesia pada umumnya.

 

(sumber: movietei.com)

 

 

Referensi lain berkaitan film ‘Tanda Tanya’ yang menarik untuk dikaji:

–     http://www.eramuslim.com/berita/analisa/film-tanda-tanya-pelecehan-sistematis-terhadap-islam.htm

–     http://ahmadhaes.wordpress.com/2011/04/29/apa-maumu-hanung/

–     http://hiburan.kompasiana.com/film/2011/04/11/film-tanda-tanya%E2%80%93-the-resensi/

 

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/12/1770/Tanda%20Tanya

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s