Hmm… Yuk, Beternak Kelinci

Jika melihat kelinci, apa yang terpikirkan? Sebagian orang akan berpikir betapa lucunya mamalia dari familiLeporidae itu. Maka, jadilah kelinci sebagai hewan peliharaan (kelinci hias). Sebagian lagi akan melihatnya sebagai hewan yang enak dinikmati dagingnya. Kelinci pun jadi binatang yang diternakkan (kelinci pedaging).

 

Apa pun pilihannya, saat ini kelinci semakin digemari. Baik sebagai hewan piaraan maupun diternakkan. Hampir setiap daerah di nusantara, mulai banyak masyarakat yang beralih profesi sebagai kolektor atau peternak kelinci.

 

Begitu juga dengan warga di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Jika selama ini daerah Pangalengan terkenal dengan ternak sapinya, kini sebagian warga mulai beternak hewan lainnya, yaitu kelinci.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid pada Kamis (27/10), mengadakan launching Usaha Ternak Mandiri, yaitu program budidaya kelinci. Acara juga dirangkai dengan pengobatan gratis, pemeriksaan ibu hamil dan balita, serta pemberian makanan tambahan.

Untuk tahap pertama, sebanyak 110 kelinci telah diberikan kepada 11 peserta UTM di Desa Margamukti. Tiap tiga bulan berikutnya, giliran peternak yang belum memperoleh kelinci mendapatkan giliran. Pemberian ini akan terus berlangsung selama setahun.

 

Tak hanya mendapatkan kelinci, para peternak juga akan memperoleh keterampilan merawat kelinci. Selama setahun, setiap peserta akan terus dikontrol kemajuan dari usaha hewan ternaknya. (Suhendri Cahya Purnama/2011)

http://www.dpu-online.com/news/detail/1650

 
By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s