Kemiskinan, Musuh Utama?

Bercerita tentang kemiskinan tentu tak ada habisnya. Tidak sekadar cerita lama, kemiskinan kini menjelma menjadi “musuh bersama” yang begitu sulit dikalahkan. Baik oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga sosial yang peduli dengan pemberantasan kemiskinan. Termasuk Lembaga Amil Zakat Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid pun menjadikan kemiskinan sebagai musuh utamanya.

 

Jika kemiskinan adalah musuh utama, maka diperlukan “tenaga ekstra” untuk memberantasnya. Jika masih dibiarkan, kemiskinan akan menjelma menjadi “hantu” masyarakat dan “penyakit menular” yang dapat melumpuhkan setiap sendi kahidupan masyarakat.

 

Grameen Foundation mencatat lebih dari 1,1 miliar orang hidup dengan penghasilan kurang dari $1 per hari. Artinya, masih banyak sekali masyarakat yang hidup dalam serba keterbatasan secara ekonomi, kesehatan, maupun pendidikan.

 

Karenanya, DPU Daarut Tauhiid melalui Pelatihan Pemberdayaan Microfinance Syariah Berbasis Masyarakat (Misykat), diharapkan menjadi salah satu solusi dalam mengentaskan kemiskinan. Kamis (24/3) dan Jumat (25/3), bertempat di lantai 1 Sentral 7 Komplek Pesantren Daarut Tauhiid, pelatihan diikuti 30 pendamping dan pengurus DPU Daarut Tauhiid pusat dan seluruh cabang yang ada di 7 kota.

 

Adapun tujuan pelatihan ini adalah mengoptimalkan peran dan fungsi DPU Daarut Tauhiid sebagai lembaga amil zakat yang melayani masyarakat (muzakki/mustahik). Selain itu, juga mengoptimalkan pengelolaan Misykat sebagai program yang memberi bantuan modal usaha kepada pedagang kecil dari zakat yang dititipkan para donatur.  

 

Jadi, kita tunggu selanjutnya kiprah dari para peserta pelatihan ini dalam melawan kemiskinan! (Astri Rahmayanti/2011)

http://www.dpu-online.com/news/detail/1540

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s