Di Kulon Progo, Khitanan Massal pun Digelar

Sebanyak 176 anak di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, mengikuti khitanan massal. Acara yang dilaksanakan pada Sabtu (2/7) di komplek Masjid Agung Wates ini, dilaksanakan oleh Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhid bekerja sama dengan Dyandra Promosindo dan takmir masjid setempat.

Yudhi Widiatmoko, Marketing Komunikasi DPU Daarut Tauhiid Yogyakarta, mengatakan bahwa program khitanan massal merupakan kegiatan rutin. Hanya saja untuk lokasinya setiap tahun berpindah-pindah. Tahun ini dipercaya menangani khitanan massal yang digelar oleh Dyandra Promosindo.

Untuk tahun 2011, khitanan massal diikuti 154 anak yang berasal dari Kulon Progo. Selebihnya, 22 orang, telah dikhitan terlebih dahulu di Bantul dan Klaten.

Menurut Yudhi, khitanan massal ini cukup diminati masyarakat, khususnya kaum dhuafa. Selain meringankan beban orang tua, khitanan massal juga dilakukan oleh tenaga medis berpengalaman. “Kita bermitra dengan Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul sebagai tenaga medisnya,” ujar Yudhi.

Setiap peserta tidak dipungut biaya alias gratis. Anak-anak juga diberikan uang saku, baju koko lengkap dengan peci dan sarung. Selain itu, dimeriahkan juga dengan adanya pawai becak keliling.

Martono, ayah dari salah satu peserta mengaku cukup terbantu dengan adanya khitanan massal DPU Daarut Tauhiid. Sebagai warga dari ekonomi kecil, dirinya bisa menghemat anggaran. Sebab untuk biaya ke ahli khitan, setidaknya butuh setengah juta. Namun dengan adanya program ini, dirinya dibebaskan dari biaya.

“Bagi warga miskin seperti saya, ini sangat membantu,” ujarnya. (Nurdin Syaiful Baladi/2011)

http://www.dpu-online.com/news/detail/1589

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s