Optimalisasi Peran dan Fungsi Masjid

Dalam rangka optimalisasi peran dan fungsi masjid, Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Manajemen Pemberdayaan Masjid dalam program Cinta Masjidku. Bertempat di Aula Panti Asuhan al-Kautsar Kecamatan Lembang, Jumat (19/7).

DPU Daarut Tauhiid kembali bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW-DMI) Jawa Barat. Kegiatan yang dihadiri sebanyak 50 peserta ini merupakan perwakilan utusan DKM dan DMI yang berada di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Cimahi.

Hakikatnya, masjid adalah sarana meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Masjid mempunyai dua dimensi pelayanan kepada umat, yaitu dimensi meningkatkan ibadah hamba dengan al-Khalik (hablumminallah) dan dimensi meningkatkan ibadah manusia dengan manusia lain dan makhluk lainnya (hablumminannas).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Koordinator Bidang Ekonomi dan Kesehatan DMI Jawa Barat, Firdaus Saleh, sebagai salah seorang narasumber dalam pelatihan tersebut. Selain pelatihan, diadakan pula penyerahan al-Quran untuk para peserta yang hadir sebagai utusan DKM. Penyerahan al-Quran dilakukan secara simbolis.

“Salah satu fungsi masjid sebagai Pusat “Pemberdayaan” Umat dan masyarakat. Adapaun ruang lingkupnya untuk mencapai pemberdayaan umat dan masyarakat yaitu pengembangan SDM pengelolaan masjid, pengelolaan idarotul (admistrasi dan organisasi) masjid, pengelolaan imarotul (program) masjid, pengelolaan riayatul (sarana dan pemeliharaan) masjid, dan pengelolaan potensi peran serta jamaah masjid,” lanjutnya.

Esoknya, Sabtu (20/7), Pelatihan Manajemen Pemberdayaan Masjid juga diadakan DPU Daarut Tauhiid di Gedung Pertemuan Masjid Agung Kota Cimahi. Kembali hadir Ustaz Fahrudin selaku ketua dewan Assatidz Daarut Tauhiid dalam mengisi pelatihatn tersebut.

“Ada penambahan ilmu dari pelatihan ini, yang tadinya tidak tahu sekarang menjadi tahu, seperti perbedaan jumlah salat tarawih, antara qunut subuh dengan yang tidak. Intinya bermanfaat adanya pelatihan ini,” ucap Neneng sebagai salah seorang peserta. (Setiadi/2013)

http://www.dpu-online.com/news/detail/1767/optimalisasi-peran-dan-fungsi-masjid

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s