Kiat Supaya Bisa Berkurban

Apakah Anda berkurban pada tahun ini? Jika tidak, mudah-mudahan tahun depan kita bisa berkurban. Jika ya, mudah-mudahan tahun depan juga berkurban lagi.

Berkurban adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Bahkan kalau bisa, dilakukan setiap tahun, bukan sekali seumur hidup. Mudah-mudahan kita mendapat kemudahan untuk selalu berkurban.

Supaya kita bisa berkurban, barangkali kiat berikut bisadilakukan.

1) Niatkan
Niatkan dalam diri bahwa kita ingin berkurban setiap tahun. Niat yang kuat akan mengarahkan tindakan kita untuk mencapai apa yang kita niatkan. Yakinkan diri kita bahwa ibadah kurban adalah suatu ibadah yang seharusnya rutin kita lakukan.

2) Rencanakan
Setelah memiliki niat yang kuat, buat rencana untuk mewujudkan niat tersebut. Misalnya, memelihara anak kambing yang bisa dijadikan kurban pada saat Idul Adha di tahun yang akan datang. Membeli anak kambing jauh sebelum Hari Raya Idul Adha, harganya sangat murah. Jika tidak mau repot memelihara anak kambing, rencanakan dengan menyisihkan sebagian penghasilan. Jika harga kambing pada saat Idul Adha tahun depan adalah Rp 1,8 juta, maka rencanakan untuk menyisihkan Rp. 150 ribu per bulan.

3) Buka tabungan kurban
Tabungan kurban biasanya ada di BMT (Baitul Mal waTamwil), lembaga keuangan mikro syariah. Dengan membuka tabungan kurban, kita komitmen untuk mengalokasikan sebagian uang khusus untuk kurban. Selain membuka tabungan kurban, bisa juga membuat celengan atau pos keuangan khusus untuk menyimpan uang yang kita sisihkan setiap bulan. Atau Anda juga bisa membuat arisan kurban bersama teman, saudara, atau tetangga Anda.

4) Miliki cash-flow positif
Berapa pun besarnya penghasilan Anda, jika pengeluaran Anda sama besarnya, maka cash-flow keuangan Anda akan menyisakan saldo nol alias kosong. Usahakan untuk hidup dengan penghasilan jauh lebih besar daripada pengeluaran, sehinga cash-flow keuangan Anda positif. Misalnya jika setiap bulan Anda memiliki penghasilan sebesar Rp 10 juta dan pengeluaran (termasuk cicilan utang dan lain-lain) sebesar Rp.8 juta, maka cash-flow Anda positif dan menyisakan saldo Rp.2 juta. Dengan cash-flow positif seperti itu, tanpa tabungan kurban dan tanpa menyisihkan sejumlah uang setiap bulan pun, pada saat datang Idul Adha, Anda akan mampu berkurban dengan membeli kambing seharga maksimal Rp.2 juta.

Itulah beberapa kiat yang bisa kita lakukan agar bisa berkurban. Mudah-mudahan Allah memanjangkan usia kita, meluruskan niat kita dan memudahkan langkah kita. Aamiin. (sumber: msumarna.blogspot.com)

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/7/1857/Kiat%20Supaya%20Bisa%20Berkurban

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s