Membangkitkan Potensi Waktu

ADALAH sebuah kerugian yang sangat besar apabila seorang hamba tidak dapat menggunakan potensi waktu yang telah diberikan Allah, dengan sangat baik dan optimal, sebagaimana firman Allah yang tertera dalam Al Qur’an surat Al Ashr 1-3.
Sehingga jelaslah bahwa waktu adalah ukuran, timbangan keuntungan dan kerugian setiap manusia. Setiap orang memiliki potensi waktu yang sama, yaitu sejumlah 24 jam atau sehari penuh, dan waktu tidak bisa direm atau dihentikan. Orang yang sukses atau orang yang gagal, ahli surga atau ahli neraka, semuanya memiliki jatah waktu sama, yang membedakannya hanyalah cara mengelola waktu tersebut.
Manusia akan beruntung bila ia pandai memanfaatkan waktu. Beberapa cirinya adalah; pertama, setiap hari bertambahlah iman dan keyakinannya kepada Allah SWT, sehingga tidak ada saat yang terlewat tanpa menuntut ilmu, karena pupuk iman adalah ilmu. Dengan demikian, ia terus memelihara dan menguatkan keimanannya. Ciri kedua, orang yang beruntung adalah orang yang setiap waktunya diisi dengan sebanyak-banyak amal shalih. Setiap detik selalu diupayakan menjadi amal kebaikan bagi sebanyak-banyak ummat, tidak ada masa yang terlewat sia-sia. Dan, ia tidak pernah risau dengan balasan atau pahala yang akan didapatkan karena, setiap perbuatan pasti akan kembali kepada pembuatnya, tidak akan pernah tertukar.
Selanjutnya, ketiga orang yang selalu menyeru kebenaran. Jika ada orang lain yang meniru perbuatan kita, niscaya kita akan menjadi contoh kebaikan, dan Insya Allah, pahala dari perbuatan orang yang meniru perbuatan baik kita akan mengalir kepada kita. Sehingga jika kita ingin menjadi orang yang beruntung, selalu upayakan diri kita laksana matahari, yang menerangi sebanyak-banyaknya hamba Allah. Syarat ke-empat, hanya orang-orang yang bersabar dalam menegakkan kebenaranlah yang akan beruntung. Tanpa kesabaran, sulit bagi kita untuk bertahan dalam berbagai cobaan yang mendera.
Jika saja kita senantiasa mentafakuri nikmat watu yang telah diberi dan berusaha selalu mengisinya dengan empat hal diatas, niscaya hanya kebahagiaan yang akan diperoleh, di dunia dan pasti terlebih diakhirat kelak, Insya Allah.
Semoga kita termasuk hamba Allah yang selalu istiqomah, tidak jenuh mengoptimalkan potensi waktu dengan berbagai amal kebaikan, dengan iman yang kokoh, tanpa sedikitpun kesia-siaan. Amiin.

http://www.dpu-online.com/artikel/detail/1/303/Membangkitkan%20Potensi%20Waktu

By pondokdhuafa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s